Tuesday, March 10, 2015

Materi Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar

  1. Menerapkan teori kelistrikan.
  2. Mengenal komponen elektronika.
  3. Mengunakan komponen elektronika.
  4. Menerapkan konsep elektronika digital.
  5. Menerapkan sistem bilangan digital.
  6. Menerapkan elektronika digital untuk komputer
Ada 4 bagian  dasar dari listrik :
  1. Voltage / Tegangan  (V)
  2. Current/ Arus (I)
  3. Power/Tenaga (P)
  4. Resistance/ Hambatan (R)
Tegangan, arus, tenaga dan hambatan adalah bagian elektronik yang harus diketahui teknisi  :
Tegangan adalah ukuran dari tenaga  yang dibutuhkan untuk mendorong elektron untuk mengalir dalam suatu rangkaian

Tegangan diukur dalam Volt (V). Power supply Komputer biasanya menghasilkan tegangan yang berbeda

Arus adalah ukuran dari sejumlah  elektron yang bergerak dalam suatu rangkaian. Arus diukur dalam Ampere (A). Power supplies komputer menghantarkan arus untuk beberapa  tegangan output

Tenaga adalah ukuran dari tekanan yang dibutuhkan untuk mendorong elektron mengalir pada rangkaian yang disebut dengan tegangan, perkalian angka dari elektron   yang mengalir dalam rangkaian disebut dengan arus.  Ukurannya disebut dengan Watt(W). Power supply komputer dikur dalam watt.

Resistan adalah hambatan arus yang mengalir dalam suatu rangkaian, yang diukur dalam OHM. Hambatan yang kecil mengalirkan banyak arus dan tenaga yang mengalir dalam suatu ragkaian. Skring yang baik adalah yang memiliki hambatan kecil atau ukurannya hampir sama dengan 0 Ohm

KOMPONEN ELEKTRONIKA

Resistor 
Di pasaran terdapat berbagai jenis resistor, dapat digolongkan menjadi dua macam ialah resistor tetap yaitu resistor yang nilai tahanannya tetap dan ada yang bisa diaturatur dengan tangan, ada juga yang perubahan nilai tahanannya diatur automatis oleh cahaya atau oleh suhu.

Resistansi resistor biasanya dituliskan dengan kode warna yang berbentuk budaran bundaran atau bisa juga gelang warna. Adapun satuan yang digunakan adalah OHM (Ω). (Baca :Mengenal Komponen Elektronika : Apa itu Resistor ? Sedikit lebih dalam tentang Resistor)

Kecuali besarnya resistansi, suatu resistor ditandai dengan toleransinya, juga berupa gelang warna yang dituliskan setelah tanda resistansi. Tanda warna tersebut berupa Kode Cincin.(Baca:Mengenal Komponen Elektronika : Kode warna Resistor dan Cara menghitungnya)

Kapasitor (Kondensator)
Kapasitor dapat menyimpan muatan listrik, dapat meneruskan tegangan bolak balik (AC) akan tetapi menahan tegangan DC, besaran ukuran kekuatannya dinyatakan dalam FARAD (F). Dalam radio, kapasitor digunakan untuk:

1.Menyimpan muatan listrik 
2.Mengatur frekuensi 
3.Sebagai filter 
4.Sebagai alat kopel (penyambung)  

Berbagai macam kapasitor digunakan pada radio, ada yang mempunyai kutub positif dan negatif disebut polar . Ada pula yang tidak berkutub, biasa di sebut non-polar. Kondensator elektrolit atau elco dan tantalum adalah kondensator polar. 

Kondensator dengan solid dialectric biasanya non polar, misalnya keramik, milar, silver mica, MKS (polysterene), MKP (polypropylene), MKC (polycarbonate), MKT (polythereftalate) dan MKL (cellulose acetate). Lebih lengkap (Baca : Materi Elektronika Dasar : Mengenal dan Memahami Komponen Elektronika, Kapasitor)

Integrated Circuit
Integrated Circuit (IC) sebenarnya adalah suatu rangkaian elektronik yang dikemas menjadi satu kemasan yang kecil. Beberapa rangkaian yang besar dapat diintegrasikan menjadi satu dan dikemas dalam kemasan yang kecil. Suatu IC yang kecil dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen.

0 comments

Post a Comment