Wednesday, July 29, 2015

Materi Konsep Dasar Jaringan : Komponen-komponen Jaringan Komputer

Materi Konsep Dasar Jaringan : Komponen-komponen Jaringan Komputer - Kembali lagi dengan materi Konsep Dasar Jaringan dengan pokok bahasan Mengenal dan Memahami Komponen-komponen Jaringan Komputer.
Materi Konsep Dasar Jaringan : Komponen-komponen Jaringan Komputer

Materi Konsep Dasar Jaringan : Komponen-komponen Jaringan Komputer merupkan materi yang diajarkan pada Siswa Kelas II SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan Semester 1. Sebelum menempuh materi ini, dianjurkan siswa mengulang materi-materi pada Kelas I.


Melakukan desain, instalasi, administrasi dan troubleshooting sebuah jaringan memerlukan pengetahuan dan pemahaman komponen jaringan. Komponen-komponen Jaringan Komputer banyak macamnya dan kita harus faham dan tahu satu per satu.

Komponen-komponen Jaringan Komputer diantaranya Client, Server, Hub, Switch, Router,Gateway, Access Point, USB Wifi Media Akses. Nah, berikut pengertian Komponen-komponen Jaringan Komputer lebih lengkapnya :

Client
Client merupkaan Komponen akhir Jaringan yang menggunakan/memanfaatkan jaringan. Sebagai contoh Laptop, smartphone yang mempuyai mengakses jaringan lewat wireless. Intinya Komponen Jaringan yang paling akhir. 

Server
Server adalah Komponen Jaringan yang menyediakan Sumberdaya Bagi Client. Sebagai contoh Server email, server Halaman Website yang disediakan oleh Server Web.dll

Hub
Hub merupakan Komponen Jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan client atau server. Sekarang peranan hub sudah tergantikan dengan Switch. Hub merupakan teknologi lama. Sebuah hub yang terkoneksi dengan client banyak, dan client tersebut melakukan akses bersama, maka kemungkinan error dan tabrakan lebih besar jika menggunakan Komponen Jaringan ini.

Switch
Switch berperan seperti Hub, namun Switch Komponen Jaringan yang lebih pintar. Switch memiliki kemampuan menghindari eror dan tabrakan disetiap portnya.

Router
Merupakan Komponen Jaringan layer 3 dimana Komponen Jaringan ini bertugas untuk melakukan routing. Router mampu menghubungkan beda jaringan

Media Akses
Media akses adalah Komponen Jaringan yang digunakan untuk menghubungkan setiap peralatan jaringan. Sebagai contoh Kabel UTP, Kabel Coaxial, Wireless Radio dan Fiber Optik.

Itulah Komponen Jaringan yang bisa kalian tahu dahulu, berikutnya akan dibahas Komponen Jaringan yang lebih advance.

1 comments: