Tuesday, July 28, 2015

Materi Konsep Dasar Jaringan : Latar belakang dan sejarah jaringan Komputer

Materi Konsep Dasar Jaringan : Latar belakang dan sejarah jaringan Komputer - Materi Konsep Dasar Jaringan : Latar belakang dan sejarah jaringan Komputer - Materi kali ini mengenai konsep dasar jaringan komputer, bagaimana latar belakang dan sejarah jaringa komputer. Setelah mempelajari kegiatan belajar ini siswa mampu menjelaskan Latar Belakang Jaringan Komputer dan Sejarahnya.

Awal mula Jaringan Komputer tahun 1940, bermula di Harvard University, Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama dimana Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antria.

Tahun 1950, sudah mulai berkembang dan tercipta Super Komputer yang harus melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengadakan riset yang dikenal dengan ARPANET

Tahun 1970, terbentuklah 10 Komputer yang mampu terkoneksi Jaringan yang mampu berkomunikasi satu sama lain.

Tahun 1972, pertama terciptanya Surat Elektronik atau EMail

Tahun 1973, jaringan komputer yang bernama ARPANET tadi menyebar keluar Amerika, dan University College di London (Inggirs) menjadi yang pertama terkoneksi dengan ARPANET

Tahun 1983, tahun demi tahun berkembang, dari jumlah hingga teknologi, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan yakni Protokol TCP dan IP.

Tahun 1984, mulai dikenal dengan Domain Name System DNS, tahun ini terdapat 1000 komputer yang terkoneksi.

Tahun 1992, sudah hampir 1 juta komputer yang saling terkoneksi

Tahun 1994, munculah yang namanya Internet dan Situs. Pada kemunculannya saja sudah terdapat 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs sampai sekarang

Tahun 2015, jumlah komputer sudah terlampau banyak. Perangkat yang dapat mengakses internet sudah tidak bisa terhitung, mulai dari Smartphone, TV, Laptop, dll.

0 comments

Post a Comment