Thursday, July 30, 2015

Materi Melakukan Instalasi Software : Macam-macam software berdasar Lisensinya

Materi Melakukan Instalasi Software : Macam-macam software berdasar Lisensinya - Lisensi software merupakan kontrak hukum dalam menggunakan ataupun menyebarkan software yang anda isntal. Berdasarkan lisensinya software terbagi menjadi beberapa macam. Berikut Macam-macam software berdasar Lisensinya :

Freeware

Pasti anda pernah mendengar apa itu Freeware. Freeware atau Software gratis merupkanan software yang tersedia secara gratis tanpa memerlukan uang untuk mempunyai nya secara Legal. Freeware dapat digunakan tanpa batasan waktu serta batasan fungsionalitas lainya. Freeware menyediakan Source Code secara luas dan gratis. 

Open Source

Istilah ini juga kita sering dengar kan. Open Source merupakan tipe software yang memperbolehkan semua orang untuk menggunakan, menggandakan dan menyebarkan dengan atau tanpa modifikasi. Open Source didapatkan secara gratis tanpa bayar.

Open Source hampir mirip dengan freeware namun tetap terdapat perbedaanya. Perbedaan terletak pada kontrol lisensi sedikit lebih dari pada freeware.

Shareware

Shareware lebih dikenal dengan Software Trial. Shareware disebarkan dengan gratis dan digunakan dengan gratis juga namun dengan batasan waktu. Sebagai contoh, program dapat digunakan 30 hari, setelah itu anda harus membayarnya untuk mendapat fitur penuh.

Payware atau software berbayar

Lebih dikenal dengan Software berbayar, merupakan macam software yang harus dibeli untuk mendapatkanya secara legal.

0 comments

Post a Comment