Thursday, July 30, 2015

Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar : Macam-macam Sumber Listrik

Menerapkan Teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar : Macam-macam Sumber Listrik - Sumber listrik dibutuhkan oleh berbagai peralatan listrik agar dapat beroperasi. Sumber listrik yang tidak sesuai dengan peralatan elektronik dapat mengakibatkan potensi kerusakan, bahkan kerusakan.

Berbagai macam sumber listrik dapat diperoleh dari alat ini. Berikut Macam-macam Sumber Listrik :

Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Melalui pembangkit listrik seperti  PLTU, PLTN, PLTA, PLTS, PLTSa dapat menghasilkan listik AC. Sampai saat ini PLN masih merupakan sumber listrik utama di negara Indonesia.

Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

AKI (Accu) atau Battery Cair

Adalah adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Sesuai dengan standar internasional, setiap satu cell accu memiliki tegangan nominal sebesar 2 Volt. Dengan demikian Accu/Aki 12 Volt mempunyai cell sebanyak 6 buah demikian juga dengan 

Aki 6 Volt mempunyai cell sebanyak 3 buah dan seterusnya kelipatan dua. Aki banyak digunakan pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Di samping itu banyak perangkat elektronik yang masih menggunakan Aki cair sebagai sumber listrik DC misalnya Sentral Telepon Digital dan BTS.

Battery Kering

Adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam zat kimia kering. Jenis Battery kering sering dipakai sebagai sumber listrik dalam peralatan elektronik seperti handphone, laptop, notebook, tablet, UPS (Uninterupable Power Suply),  EPS (Emergensy Power Source), Lampu Emergency, dan sebagainya,

Panel Surya

Lebih dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, menggunakan sinar matahari dengan proses fotoelektrik untuk mengubah menjadi listrik. 

Solar panel terdiri dari 3 lapisan, lapisan panel P di bagian atas, lapisan pembatas di tengah, dan lapisan panel N di bagian bawah. Proses fotoelektrik adalah di mana sinar matahari menyebabkan elektron di lapisan panel P terlepas, sehingga hal ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan panel N di bagian bawah dan perpindahan arus proton ini adalah arus listrik.

0 comments

Post a Comment