Tuesday, July 28, 2015

Materi K3 : 5 Aspek Penilaian Kesehatan, dan Keselamatan Kerja

Materi K3 : 5 Aspek Penilaian Kesehatan, dan Keselamatan Kerja - Bagaimanakah penilaian K3, berikut 5 Aspek Penilaian Kesehatan, dan Keselamatan Kerja:


  1. Keselamatan kerja adalah sarana utama untuk pencegahan kecelakaan, cacat dan kematian sebagai akibat kecelakaan kerja. Keselamatan kerja yang baik adalah pintu gerbang bagi keamanan tenaga kerja.
  2. Analisa kecelakaan secara nasional berdasarkan angka-angka yang masuk atas dasar wajib lapor kecelakaan dan data kompensasinya dewasa ini seolah-olah  inancia rendah dibandingkan banyaknya jam kerja tenaga kerja
  3. Potensi-potensi bahaya yang mengancam keselamatan pada berbagai sector kegiatan ekonomi jelas dapat diobservasikan, misalnya  inanc industri disertai bahaya-bahaya potensial seperti keracunan-keracunan bahan kimia, kecelakaan-kecelakaan oleh karena mesin, kebakaran, ledakan-ledakan, dan lain-lain
  4. Menurut observasi, angka frekwensi untuk kecelakaan-kecelakaan ringan yang tidak menyebabkan hilangnya hari kerja tetapi hanya jam kerja masih terlalu tinggi.
  5. Analisa kecelakaan memperlihatkan bahwa untuk setiap kecelakaan ada  inanc penyebabnya. Sebab-sebab tersebut bersumber kepada alat-alat mekanik dan lingkungan serta kepada manusianya sendiri. Sebanyak 85 % dari sebab-sebab kecelakaan adalah  inanc manusia.


1 comments: