Tuesday, July 28, 2015

Materi Merakit PC : Mengenal Basic Input/Output System BIOS lebih dalam

Materi Merakit PC : Mengenal Basic Input/Output System BIOS lebih dalam - Masih asing ya dengan istilah BIOS ? Basic Input/Output System atau sering disebut BIOS merupakan firmware komputer yang digunakan selama proses booting atau startup. BIOS juga bisa diartikan sebagai suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) komputer. 

BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. Sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Fungsi dan Tujuan dari BIOS
Fungsi BIOS tidak lain adalah untuk mendeteksi dan menuji hardware dalam tahapan booting. Fungsi lain BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.

Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) merupakan pengganti BIOS yang paling baru akhir-akhir ini. Banyak kelebihan UEFI, yang akan saya bahas pada kesempatan lain.

0 comments

Post a Comment