Friday, July 24, 2015

Materi Merakit PC : Mengenal dan Memahami Blok Diagram Pada Komputer

Materi Merakit PC : Mengenal dan Memahami Blok Diagram Pada Komputer

Materi Merakit PC : Mengenal dan Memahami Blok Diagram Pada Komputer - Masih dalam materi Merakit Komputer, kali ini kita akan belajar materi tentang blok diagram yang ada dalam komputer.

Sebuah komputer mampu memproses data, gambar dan suara. Komputer mampu menyelesaikan permasalahan yang sangat rumit dengan cepat dan akurat.

Sebuah komputer melakukan 5 dasar operasi yakni :
  • Komputer mampu menerima masukan
  • Komputer mampu menyimpan data
  • Komputer mampu memproses data
  • Komputer mampu memberikan keluaran/hasil
  • Komputer mampu mengkontrol operasi 
Nah, berikut blok Blok Diagram Pada Komputer pada umumnya :
Materi Merakit PC : Mengenal dan Memahami Blok Diagram Pada Komputer
Input Device (Alat Masukan) perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.

Output Device (Alat Keluaran) perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

I/O Ports bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.

CPU (Central Processing Unit) merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:

Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari blok diagram komputer didalam sebuah CPU yang bertugas untuk melakukan perhitungan/operasi matematika aritmatika dan logika dari sebuah operasi.

Control Unit (CU) merupakan bagian dari tugas CPU yang bertanggung jawab untuk mengkontrol operasi CPU.

Data Bus jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya
terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Address Bus digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

0 comments

Post a Comment