Tuesday, August 04, 2015

Materi Elektronika Dasar : Mengenal dan Memahami Komponen Elektronika, Kapasitor

Materi Elektronika Dasar : Mengenal dan Memahami Komponen Elektronika, Kapasitor - Materi Elektronika Dasar : Mengenal dan Memahami Komponen Elektronika, Kapasitor - Kapasitor merupakan komponen Elektronika yang bersifat pasif, yang mempunyai peranan penting dalam elektronika.
Materi Elektronika Dasar : Mengenal dan Memahami Komponen Elektronika, Kapasitor
Kapasitor dapat menyimpan muatan listrik, dapat meneruskan tegangan bolak balik (AC) akan tetapi menahan tegangan DC, besaran ukuran kekuatannya dinyatakan dalam FARAD (F). Dalam radio, kapasitor digunakan untuk:

1.Menyimpan muatan listrik
2.Mengatur frekuensi
3.Sebagai filter
4.Sebagai alat kopel (penyambung)

Berbagai macam kapasitor digunakan pada radio, ada yang mempunyai kutub positif dan negatif disebut polar . Ada pula yang tidak berkutub, biasa di sebut non-polar. Kondensator elektrolit atau elco dan tantalum adalah kondensator polar.
kapasitor-0.jpg (804×354)
Kondensator dengan solid dialectric biasanya non polar, misalnya keramik, milar, silver mica, MKS (polysterene), MKP (polypropylene), MKC (polycarbonate), MKT (polythereftalate) dan MKL (cellulose acetate).

Nama lain dari kapasitor ialah kondensator,kapasitor adalah komponen elektronika yang terbuat dari dua plat logam yang di pisahkan oleh lapisan atau isolator,nah isolator ini yang nantinya akan menjadi nama dari kapasitor tersebut,seperti kapasitor kertas,milar,keramik (non polar / tanpa polaritas)elco,dan tantalum (bipolar / berpolaritas)

Lapisan isolatar yang terdapat pada kapasitor membuat arus tidak dapat mengalir melewati nya. Kapasitor akan tetap bermuatan hingga waktu yang tak terbatas. Dengan alasan ini, kapasitor sangat berguna untuk menyimpan muatan listrik.

Kapasitansi

Kemampuan sebuah kapasitor untuk menyimpan muatan listrik sering disebut dengan Kapasitansi Kapasitor, disimbolkan C. Satuan ukuran kapasitansi adalah Farad disimbolkan F.

Beberapa Fungsi Utama Kapasitor
  1. Sebagai penyaring (filter) pada rangkaian regulator DC atau power supply untuk meminimalisir tegangan ripple AC yang masih tersisa
  2. Sebagai pembangkit pulsa (frekuensi) dalam rangkaian oscilator
  3. Sebagai penggeser phasa
  4. Sebagai coupling yakni penghubung antara dua buah rangkaian elektronika seperti pada rangkaian penguat (amplifier) yang menghubungkan rangkaian Pre Amp dengan Amplipier
  5. Fungsi kapasitor lainnya dalam rangkaian elektronika adalah sebagai filter dan kopling pada rangkaian power supply, penggeser fasa, pembangkit frekuensi pada rangkaian osilator dan juga dapat digunakan untuk mencegah percikan bunga api yang dapat terjadi pada saklar. 

Sifat dasar kapasitor adalah kemampuan yang dapat menyimpan muatan listrik, tidak dapat dilalui arus DC (Direct Current), dapat dilalui arus AC (Alternating Current) dan juga dapat sebagai impedansi (resistansi yang nilainya tergantung dari frekuensi yang di berikan oleh sumbernya).

Sifat dasar kapasitor adalah menyimpan muatan listrik dan tidak dapat dilalui arus DC (Direct Current) tetapi dapat dilalui arus AC (Alternating Current) dan juga dapat berfungsi sebagai impedansi (Resistansi yang nilainya tergantung dari frekuensi)

Cara Kerja Kapasitor

Cara Kerja Kapasitor yang pertama adalah mengalirkan elektron menuju kapasitor. Setelah kapasitor sudah dipenuhi dengan elektron, maka tegangan tersebut akan mengalami perubahan. Selanjutnya, elektron akan keluar dari kapasitor dan menuju rangkaian elektronika. Dengan begitu, kapasitor akan dapat membangkitkan rektif suatu rangkaian.

Simbol Kapasitor

Simbol Capacitor Nonpolar
Simbol Condensator Nonpolar
Capacitor ini tidak mempunyai polaritas sehingga dalam pemasangannya dapat bolak-balik dan umumnya berkapasitas kecil (pico Farad atau nano Farad). Capacitor ini sering dipakai dalam rangkaian yang berhubungan dengan frekuensi seperti dalam rangkaian penguat audio (amplifier).

Simbol Capacitor Bipolar
Simbol Capacitor Bipolar

Capacitor jenis ini mempunyai dua polaritas yaitu positif dan negatif sehingga dalam pemasangannya tidak boleh terbalik. Capacitor ini umumnya berkapasitas cukup besar yakni dalam satuan micro farad (μF) sampai dengan mili Farad (mF). Capacitor ini biasa dipakai sebagai filter dalam rangkaian penyearah (rectifier).

Simbol Variable Condensator
Simbol Variable Condensator
Capacitor jenis ini tidak memiliki polaritas tetapi nilai kapasitansinya dapat diatur secara manual. Variable capacitor biasanya berkapasitas antara 100 pF sampai dengan 500 pF (pico Farad) dan sering digunakan dalam rangkaian radio untuk mengatur frekuensi. Istilah lain dari variable capacitor adalah varco (variable condensator).

0 comments

Post a Comment