Saturday, August 08, 2015

Materi Web Desain : Belajar HTML dasar dan Contoh Bahasa HTML

Materi Web Desain : Belajar HTML dasar dan Contoh Bahasa HTML - HyperText Markup Language atau HTML atau HTML dalah bahasa markup yang digunakan untuk menulis halaman web. HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu.
Materi Web Desain : Belajar HTML dasar dan Contoh Bahasa HTML

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. 

Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF (Internet Engineering Task Force). 

HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari HTML+ (1993).

Selain membuat website, HTML dapat digunakan untuk menampilkan gambar dan vidio. HTML juga dapat digunakan untuk membuat interaktif form.

HTML sebenarnya merupakan bahasa markup. Bahasa markup merupakan bahasa yang berpasangan. Jika ada tag HTML <H1> maka harus ada tag </H1> sebagai penutup. Berikut contoh Hello World menggunakan bahasa HTML.

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>This is a title</title>
  </head>
  <body>
    <p>Hello world!</p>
  </body>
</html>

Untuk membuat halaman website, diperlukan HTML Editor khusus untuk HTML.Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain. Dapatkan editor HTML lainnya disini.
  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.
Pada pertemuan berikutnya, akan dijelaskan berbagai macam tag HTML beserta contoh nya. Semoga ilmu sedikit ini berguna. :)

0 comments

Post a Comment