Sunday, August 09, 2015

Melakukan Instalasi SO Dasar : Pengertian Sistem Operasi dan Jenis Sistem Operasi

Melakukan Instalasi SO Dasar : Pengertian Sistem Operasi, Jenis Sistem Operasi dan Media Penyimpanan Pada Komputer - Pertemuan kedua pada mata pelajaran Melakukan Instalasi SO Dasar adalah mengenal Sistem Operasi beserta jenisnya dilanjutkan dengan berbagai macam Sistem Operasi.
Melakukan Instalasi SO Dasar : Pengertian Sistem Operasi dan Jenis Sistem Operasi

Pertemuan pertama membahas tentang Konsep dasar Sistem Operasi (Baca : Melakukan Instalasi SO Dasar : Konsep dasar Sistem Komputer) yang membahas tetang apa itu komputer serta komponen Input, Output serta Proses.
Melakukan Instalasi SO Dasar : Pengertian Sistem Operasi dan Jenis Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

Pada pertemuan pertama telah dibahas bahwa Sistem Operasi adalah Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.

Menurut Buku Sistem Operasi karya Abas Pangera dan Doni ariyus, Sistem Operasi adalah
Pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (System Call) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna.

Ada juga orang yang berpendapat bahwa operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Sistem operasi merupakan bagian dari Software yang menghubungkan Hardware dengan Aplikasi yang digunakan Manusia.

Jenis Sistem Operasi

Berikut ini merupakan jenis Sistem Operasi yang dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan jumlah program yang dapat dijalankan :
  1. Single User-Single Tasking, satu komputer yang hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program dalam satu waktu, contohnya : DOS (Disk Operating System)
  2. Multi User-Single Tasking, satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program aplikasi disatu waktu, contohnya Novel Netware
  3. Single User-Multi Tasking, satu komputer dapat dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program dalam satu waktu, contohnya : Windows, MacOS
  4. Multi User-Multi Tasking, satu komputer dapat dipakai oleh banyak user, dan dapat menjalankan banyak aplikasi dalam 1 waktu, contohnya:Linux

0 comments

Post a Comment