Saturday, August 08, 2015

MemilihSistem Operasi untuk Jaringan : Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan

MemilihSistem Operasi untuk Jaringan : Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan - Dalam matapelajaran Mengadministrasi Server dalam Jaringan, kita telah belajar tentang Cara mengidentifikasi Kebutuhan Server dalam Jaringan dan bagaimana Memilih aplikasi untuk server dengan tepat.

Setelah itu dalam kegiatan selanjutnya kita harus bisa untuk memilih Sistem Operasi untuk jaringan dan menjelaskan jenis-jenis Sistem Operasi untuk jaringan.Tentang Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan akan dibahas pada artikel ini.

Pengertian sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem Operasi merupakan jantung kerja nya komputer.

Oleh karena itu kita harus memahami serta mampu mendalami berbagai Sistem Operasi khususnya Linux. Nah, dalam memilih Distro linux kita harus memahami beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Keandalan
  2. Sekuritas
  3. Dukungan vendor
  4. Dukungan hardware
  5. Stabilitas
  6. Kemudahan mengupdate
Dalam dunia Sistem Operasi, Sistem Operasi terbagi menjadi 2 yakni :
  1. Lisenced Sistem Operasi, merupakan Sistem Operasi yang diharuskan kita untuk membayar guna untuk mendapatknaya dan menggunakananya. Contoh : Windows, Mac dan Mikrotik
  2. Open Source Sistem Operasi, merupakan Sistem Operasi yang bersifat gratis, dan tidak dipungut biaya untuk mendapatkan source codenya.
Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan yang berupa turunan linux yang cukup terkenal digunakan dalam hal Jaringan adalaha sebagai berikut :
  1. Mikrotik, merupakan Sistem Operasi Jaringan yang dikhususkan untuk Router.
  2. Redhat dan Fedora, merupakan Sistem Operasi Jaringan yang ampuh untuk Networking Mangement, dikembangkan oleh tangan-tangan profesional.
  3. Debian dan Ubuntu, adalah distro yang cukup populer tahun ini. Dukungan dokumentasi dan hardware yang lengkap membuat kebanyakan perusahaan memakai Sistem Operasi Jaringan ini.
  4. Suse, hampir sama seperti Redhat, Suse membutuhkan hardware yang berat jika digunakan untuk Sistem Operasi Jaringan.
  5. Keluarga BSD(FreeBSD, OpenBSD, dan NetBSD) disebut-sebut sebagai Sistem Operasi Jaringan Unix Like, karena hampir mirip dengan Unix. Sangat ringan dan handal dalam jaringan.
Nah, itu dia beberapa Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan yang ada dalam dunia Networking. Semoga ilmu yang sedikit ini berguna untuk kita semua.

0 comments

Post a Comment