Tuesday, August 04, 2015

Elektronika Dasar : Rangkaian led berjalan sederhana yang bisa dibuat dirumah

Elektronika Dasar : Rangkaian led berjalan sederhana yang bisa dibuat dirumah - Elektronika Dasar : Rangkaian Lampu led berjalan sederhana yang bisa dibuat dirumah - Lampu led berjalan sekarang mudah ditemukan. Banyak pemakaaian Lampu led berjalan dirumah, dikampus, dimal dll. Kenapa bisa disebut Lampu led berjalan ? Karena nyala Lampu led hidup mati bergantian, jadi nampak seperti Lampu led berjalan.
Elektronika Dasar : Rangkaian led berjalan sederhana yang bisa dibuat dirumah
Lampu led berjalan dapat kita buat sendiri dirumah. Lampu led berjalan memerlukan beberapa komponen elektronika untuk bisa hidup.

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat Lampu led berjalan adalah :
  1. capasitor, 
  2. resistor, 
  3. IC NE555, 
  4. IC 4017B, 
  5. lampu LED yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan jumlahnya sesuai kebutuhan, 
  6. papan PCB yang bersih, 
  7. bubuk pelarut PCB, 
  8. setrika, dan air panas. 


Cara Kerja Lampu led berjalan :
IC NE555 merupakan komponen utamanya yang bisa menghasilkan pulsa atau sinyal logika. Karena itulah lampu LED akan menyala dan berkedip-kedip. Ditambah lagi satu IC 4017B yang akan menghasilkan decade counter yang akan membuat lampu LED menjadi menyala bergantian. 

Selebihnya adalah, komponen pendukung seperti contohnya adalah diode, kapasitor trimpot and juga resistor, beberapa komponen pendukung ini berfungsi sebagai pengatur putaran lampu LED. Sumber tenaga yang digunakan sendiri adalah baterai. 

Sehingga kalau anda tidak menggunakan baterai, anda juga tidak akan bisa menggunakan power suply sebagai sebuah sumber tenaga untuk rangkaian lampu LED berjalan.

0 comments

Post a Comment