Wednesday, August 19, 2015

Membuat desain sistem keamanan jaringan : Konfigurasi PC Router di VirtualBox

Membuat desain sistem keamanan jaringan : Konfigurasi PC Router di VirtualBox - Materi berikut ini adalah lanjutan dari Membuat desain sistem keamanan jaringan : Menerangkan tentang Pembuatan PC Router. Pada materi ini dibahas mengenai Instalasi VirtualBox, Instalasi Debian sebagai PC Router, Instalasi Windows 7 sebagai Client, Konfigurasi jaringan yang ada di VitualBox sehingga seperti gambar diatas.

Instalasi VirtualBox

Penggunaan VirtualBox dalam praktikum ini sebenarnya tidak harus. Kalian bisa menggunakan VirtualMachine yang lain.

Virtual Machine adalah aplikasi dalam komputer yang digunakan untuk mensimulasikan lingkungan kerja suatu perangkat komputer secara virtual. Mulai dari simulasi jaringan yang sederhana hingga yang komplek.

Selain VirtualBox, terdapat beberapa Virtual Machine yang ada. Berikut beberapa macam Virtual Machine yang digunakan untuk melakukan simulasi jaringan :

Parallels, merupkan Virtual Machine yang berbayar biasa dijumpai di Sistem Operasi Mac. Parallels ini mampu melakukan sharing antar host, clipboard, folder, printer dan peripheral.

VMware, aplikasi virtualisasi yang cukup populer digunakan. VMware terbagi menjadi 2 yakni VMware Player dan VMware Workstation. Jika ingin menggunakan fitur penuh, gunakanlah VMware Workstation

QEMU, merupkan Virtual Machine yang ada di Linux. QEMU bersifat gratis, dan hanya berjalan pada sistem operasi Linux atau turunanya.

Windows Virtual PC, aplikasi virtualisasi ini bersifat gratis, berjalan pada sistem operasi Windows. Sampai saat ini terdapat Virtual PC 2004, Virtual PC 2007, dan Windows Virtual PC

Dari kesemua Virtual Machine, saya anjurkan untuk memilih VirtualBox, selain gratis VirtualBox juga menawarkan FullFitur seperti VMWare.

Instalasi Debian sebagai PC Router

Sebelum melakukan instalasi Debian sebagai PC Router di VirtualBox, persiapkan kebutuhan2 nya seperti file iso debian.

Instalasi Windows 7 sebagai Client

Setelah selesai instalasi SO Debian sebagai PC Router, dilanjutkan dengan instalasi Windows 7 Sebagai Client.

Konfigurasi jaringan di VirtualBox

0 comments

Post a Comment