Wednesday, September 16, 2015

Mengenal Bagian-bagian printer Canon IP2770 Lengkap

Mengenal Bagian-bagian printer Canon IP2770 Lengkap - Sebelum terjun ke dunia Industri, ada baiknya admin jelaskan tentang Bagian-bagian printer khususnya Canon IP2770.

Pada dasarnya semua bagian printer adalah fungsinya sama, hanya berbeda bentuk saja. Baiklah, berikut Bagian-bagian printer Canon IP2770 Lengkap:

Mainboard Printer

Bagian yang pertama adalah Mainboard Printer. Mainboard Printer berbentuk papan sirkuit yang berfungsi untuk mengedalikan seluruh kerja dari printer. Dalam mainboard terdiri dari komponen elektronika seperti Resistor, Kapasitor, IC serta soket-soket.

Kerusakan dalam mainboad mengakibatkan printer tidak dapat bekerja. Kerusakan biasanya ditandai dengan blink.

 

 


Encoder

Bagian printer selanjutnya adalah Encoder. Encoder berbentuk pita tipis transparant. Letak encoder biasanya ada di belekang HEAD / Tempat catrid, fungsi alat ini hampir sama dengan timing disk. Namun penggunaanya yang berbeda, encoder bekerja sebagai timing pada HEAD. sama dengan timing disk, alat ini tidak terdapat di beberapa jenis dan tipe printer.
Jika hasil cetak zigzag atau tidak lurus, penyebab utamanya adalah encoder kotor. Dari beberapa kasus yang terjadi pada Printer salah satunya adalah disaat kita mencetak sebuah dokumen terutama tabel dengan ms.word atau aplikasi lainnya dan ketika hasil cetak zigzag, garis tabel tidak lurus atau hasil cetak berbayang.

Untuk memperbaiki Encoder panjang / Sensor catridge tersebut cukup Anda cek apakah terdapat kotoran yang terdapat pada Encoder jika ada bekas percikan tinta silahkan bersihkan Encoder tersebut dengan menggunakan tissu. dan silahkan Test Print untuk mengetahui hasilnya.

Rol Penari Kertas/ Karet Penarik Kertas

Karet Penarik Kertas, berfungsi untuk menarik kertas agar dapat dicetak oleh Printer. Kerusakan yang umum terjadi dari Karet Penarik Kertas adalah kertas tidak bisa masuk atau bahkan kertas masuk lebih dari satu, Printer tidak menarik kertas / kertas yg ditarik miring
http://3.bp.blogspot.com/-IwheaC0Sfxs/Tae0oANNEHI/AAAAAAAAAlw/bCyW2lMKBQw/s1600/GBR7.jpg




Sensor Paper/Kertas

Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas untuk di print, berfungsi pula untuk mendeteksi panjang pendeknya kertas. biasanya alat ini terdapat di bagian samping atau atas Rol penarik kertas.



Timing Disk

Timing Disk, berbentuk lingkaran dengan gerigi dibagian dalam adalah komponen yang berfungsi sebagai timing ( Pewaktu ) pada waktu printer menarik kertas, penjelasan yang lebih gampang-nya adalah perbedaan berjalanya kertas ketika kita menggunakan kualitas biasa dan kualitas foto / higth. disitu terlihat kecepatan yang berbeda. di sinilah fungsi alat ini. namun beberapa type printer tidak menggunakan timing disk.

2 comments:

  1. Izin Copas Gan .
    Jangan lupa kunjungi blog jadul ane
    www.wahyudnidgc.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. thanks infonya pak.. sangat bermanfaat

    ReplyDelete