Monday, November 23, 2015

Pengalaman Mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara jurusan TKJ


logo smk n 2 tambusai utara

Pengalaman Mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara jurusan TKJ - Bercerita tentang pengalaman hidup memang tidak ada habisnya. Kali ini, saya bercerita tentang pengalaman mengajar disalah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu.

Cita-cita menjadi Pengajar TKJ

Menjadi seorang Pengajar/Guru memang cita-cita untuk beberapa anak, tidak terkecuali saya. Keinginan menjadi Guru pertama kali muncul saat masih bersekolah disalah satu SMK Negeri di Yogyakarta.

Dulu, orangtua lebih percaya SMK daripada SMA. Prospek jurusan lah yang menjadi pertimbangan selanjutnya. Jurusan Teknik Komputer Jaringan sedang booming nya waktu itu.

Akhirnya ayah memilih jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk saya tekuni. Minat untuk mendalami komputer tentu saja muncul saat pertama kali masuk sekolah.

Pertama kali melihat Guru TKJ, tiba-tiba terbayang bahwa saya ingin seperti dia. Memberi ilmu, mengajar, dan membuat faham pelajaran-pelajaran Komputer Jaringan.

Nah, mulai saat itu mucul cita-cita untuk menjadi seorang Guru. Tentunya guru yang profesional sesuai dengan keahliannya.

Setelah menimba ilmu di STMIK Amikom Yogyakarta selama 4 tahun dan memperoleh Gelar Sarjana Komputer, saya mendapatkan kesempatan untuk mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara.

Mulai Mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara

SMK N 2 Tambusai Utara merupakan sekolah yang masih tergolong baru, didirikan sejak 2012 dan berhasil dipercaya untuk menjadi sekolah Negeri pada tahun 2015.

SMK N 2 Tambusai Utara mempunyai 2 jurusan yakni Teknik Komputer Jaringan dan Agribisnis Tanaman Perkebunan. Nah, saat ini saya adalah salah satu Guru Pengampu Jurusan Teknik Komputer Jaringan sekaligus Ketua Jurusan Teknik Komputer Jaringan.

SMK N 2 Tambusai Utara sedikit jauh dari pusat Kabupaten Rokan Hulu. Banyak kendala yang saya sendiri rasakan mengajar di sekolah ini.

Namun, semua keterbatasan bukanlah menjadi penghambat untuk saya mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara. Salah satu tujuan utama mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara adalah membuat semua siswa TKJ mahir, pintar, setara bahkan melebihi siswa-siswa lain yang bersekolah dengan fasilitas lebih dari disini.

Tentu saja semangat mengajar ini harus dibantu oleh seluruh siswa-siswi SMK N 2 Tambusai Utara. Beberapa hal yang saya rasakan sendiri, lebih dari 85% siswa mempunyai minat mendalami Teknik Komputer Jaringan sebagai bekal bekerja kelak. Sisanya, masih saya temukan siswa yang Malas-malasan, tidak mengerjakan tugas, tidak masuk kelas, sering bolos, sering tidak masuk.

Ada beberapa siswa yang potensial, tertarik menadalami komputer. Siswa yang seperti inilah yang semakin membuat saya menularkan ilmu lebih dan lebih lagi. Banyak siswa yang bertanya ini itu, tentu saya jawab dan saya senang akan hal tersebut.

Mungkin belum semua Pengalaman Mengajar di SMK N 2 Tambusai Utara khususnya jurusan TKJ dapat saya tulis diblog ini. Bersambung dilain waktu dan kesempatan.

0 comments

Post a Comment