Monday, December 07, 2015

Inilah perbedaan TKJ dengan RPL


Inilah perbedaan TKJ dengan RPL
Masih banyak perdebatan tentang perbedaan Teknik Komputer Jaringan TKJ dengan Rekayasa Perangkat Lunak RPL. Ada juga yang pertanyaan yang muncul , seperti lebih sulit mana sih antara TKJ dan RPL ? atau lebih bagus TKJ atau RPL sebenarnya ?Dalam hal ini perlu dibahas satu per satu antar TKJ dan RPL.

Diawali dari pengertian tiap-tiap jurusan. Teknik Komputer Jaringan merupakan salah satu jurusan yang berhubungan dengan bagiamana merakit komputer, melakukan instal komputer, melakukan troubleshooting pada komputer, membangun jaringan komputer serta melakukan troubleshooting tentang masalah-masalah yang terjadi pada jaringan tersebut dan melakukan konfigurasi server.

Jurusan teknik komputer jaringan memberikan pengetahuan baik secara teori atau praktik tentang bagaimana merakit komputer dengan baik dan benar. Melakukan perakitan komputer dari 0 hingga dapat digunakan secara normal.

Jurusan Teknik Komputer Jaringan juga mempelajari bagaimana melakukan instalasi komputer dengan Sistem Operasi. Baik sistem operasi Windows maupun Linux.

Selain itu Teknik Komputer Jaringan yang sering disingkat TKJ diajari tentang troubleshooting permasalahan-permasalahan yang terjadi pada komputer. Segala permasalahan yang ada pada komputer dapat dipecahkan dengan ilmu yang didapat di jurusan TKJ.

Ditambah lagi jurusan TKJ juga mengajarkan siswanya untuk membangun jaringan komputer. Jaringan komputer dibangun menggunakan kabel maupun dengan gelombang radio.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau yang sering disingkat RPL atau bahasa inggrisnya Software Engineering. Secara garis besar jurusan RPL berbicara tentang bagaimana membuat program komputer,  manajemen proyek, dasar-dasar bahasa pemrograman, membuat program aplikasi menggunakn Visual Basic, belajar Basis Data dan membuat Web Dinamis.

Tujuan utama dari RPL tidak lain adalah membuat program aplikasi yang berguna dan tentunya murah. Didalam RPL kita diajarkan bagaimanan membuat program aplikasi yang syarat manfaat serta dapat menghasilkan uang.

Jurusan RPL juga belajar tentang bahasa pemrograman seperti java, Visual Basic dan C plus plus. RPL juga belajar tentang Basis Data seperti MySQL.

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari TKJ dan RPL, tinggal menentukan keinginan. Di dua jurusan tersebut sama-sama membahas tentang komputer namun berbeda tujuan.Semoga tidak salah memilih. :D

0 comments

Post a Comment