Wednesday, January 27, 2016

6 Masalah-masalah yang sering dihadapi saat Uji Kompetensi Keahlian Ujikom UKK TKJ 2016

6 Masalah-masalah yang sering dihadapi saat Uji Kompetensi Keahlian Ujikom UKK TKJ 2016
6 Masalah-masalah yang sering dihadapi saat Uji Kompetensi Keahlian Ujikom UKK TKJ 2016- Menjelang Uji Komptensi Keahlian UKK TKJ 2016, yang akan dilaksanakan sekitar bulan Februari-Maret, membuat siswa dan guru TKJ sibuk memantapkan diri.

Untuk masalah pemilihan soal, kebanyakan sekolah memilih paket Membuat Router yang bertugas sebagai Gateway Internet. Paket Soal ini terbilang cukup mudah serta dapat dipahami oleh siswa. Mengenai Uji Komptensi Keahlian TKJ dapat disimak di kategori Uji Kompetensi TKJ 2015/2016

Inti dari membuat Router sebagai Gateway Internet adalah Komputer client yang di install windows 7 dapat terhubung dengan internet melalui Router Debian.

Disini Debian Router bertugas untuk sharing IP sehingga Client dapat akses internet. Kemudian Router juga harus mampu melakukan filtering domain seperti facebook.com atau google.com sehingga tidak bisa diakses oleh Client.

Filtering ini merupakan tugas dari Squid Proxy Server. Proxy Server diinstal di Router dan dikonfigurasi sesuai soal yang tersedia.

Dari uraian diatas, sebearnya cukup enak dan mudah untuk dipahami. Namun beberapa siswa cenderung menyepelekan sehingga terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, 6 Masalah-masalah yang sering dihadapi saat Uji Kompetensi Keahlian UKK TKJ 2016 :

LAN Card tidak terdeteksi

Karena Komputer utama berfungsi sebagai Router, maka paling tidak Router membutuhkan 2 LAN Card. Salah satu kesalahan siswa yang cukup fatal adalah saat perakitan. LAN Card dipasang pada mainboard dengan posisi belum kencang alias masing longgar. Jika LAN Card tidak terdeteksi pastikan LAN Card terpasang dengan benar dan mantap. Perhatikan tembaga kuning masuk kedalam slot PCI.

Gagal install Debian

Kegagalan instalasi debian ini terjadi karena banyak faktor. Mulai dari DVD Master Debian, DVD Drive pada komputer hingga kesalahan siswa sendiri. Selalu ikuti dan pahami tutorial instalasi debian dengan bail.

Komputer tidak hidup

Komputer tidak hidup berarti masalah pada saat merakit komputer. Siswa harus memperhatikan tahapan merakit komputer dengan benar. Selalu kencangkan semua kabel pastikan kabel tidak ada yang longgar. pastikan juga kabel utama power masuk kedalam jala-jala listrik.

Lupa Perintah Debian

Kesalahan lupa perintah konfigurasi debian memang masalah klasik. Selalu pahami perintah dan hafalkan. Untuk masalah ini siswa harus berusaha memahami serta menghafal.

Tidak bisa jawab pertanyaan Penguji

Kebiasaan penguji internal maupun external, mengajukan pertanyaan kepada siswa siswi yang sedang ujian. Pertanyaan ini wajib dijawab oleh siswa. Jadi, pahami dulu apa yang kalian lakukan. Sebagai contoh, saat merakit komputer, dan memasang prosesor. Kadang-kadang asesor bertanya tentang tipe prosesor, kecepatan nya berapa, socket berapa dll.

Gagal pasang RJ45 ke Kabel UTP

Pemasangan Kabel UTP ke RJ45 memang menjadi kendala yang cukup besar. Ketelitian, ketelatenan dan keuletan memanga 8 macam kabel harus benar benar fokus. Kesalahan urutan kabel biasanya terjadi pada tipe pengkabelan Crossover, yakni antara 1-3 dibalik dan 2-6 dibalik.

Itulah 6 Masalah-masalah yang sering dihadapi saat Uji Kompetensi Keahlian Ujikom UKK TKJ 2016, semoga dengan kalian melihat ini, mendapatkan hasil yang memuaskan.Trims.

0 comments

Post a Comment