Thursday, January 14, 2016

Pengertian, Kelebihan dan Peluang Jurusan Teknik Komputer Jaringan TKJ 2016 ini

Pengertian, Kelebihan dan Peluang Jurusan Teknik Komputer Jaringan TKJ 2016 ini
TKJ Teknik Komputer Jaringan - Oke Artikel sebelumnya, blogtkj.com telah jelaskan tentang Pengertian TKJ serta lingkup kerjanya (Daftar Isi). Namun tidak ada salahnya untuk dibahas lagi.TKJ atau Teknik Komputer Jaringan merupakan jurusan yang cukup populer di dunia Pendidikan Menengah atau SMK. Umumnya, TKJ jurusan yang berhubungan dengan komputer atau PC.

Pengertian Jurusan TKJ SMK

TKJ berbeda dengan juran RPL.(Baca : Inilah perbedaan TKJ dengan RPL). Jurusan TKJ adalah jurusan yang mempelajari tentang merakit komputer dan laptop, belajar sistem operasi, pengenalan dan praktik jaringan dasar, pemrograman web, belajar tentang sistem operasi jaringan dan mengadministrasi komputer server.

Materi-materi Jurusan TKJ

TKJ tidak lepas dengan pelajaran merakit komputer. Dalam merakit komputer diperlukan ilmu dan tidak boleh asal-asalan. Jurusan TKJ membahas tentag komponen penyusun komputer, bagaimana merakit komputer yang baik dan benar, melakukan konfigurasi komponen komputer serta yang terakhir pengujian hasil perakitan.

Setelah dirakit, Jurusan TKJ belajar tentang Sistem Operasi. Setelah siswa merakit, selanjutnya adalah melakukan instalasi Sistem Operasi. Belajar Sistem operasi mencakup perkembangan sistem Operasi, Arsitekturnya, Partisi Hardis, Instalasi Sistem Operasi, sampai dengan memanajemen sistem operasi sehingga dapat digunakan oleh user.

Selain membahas tentang komputer, Jurusan TKJ juga membahas tentang Jaringan. Berhasil merakit serta melakukan instalasi sistem operasi, siswa diajarkan tentang membuat jaringan. Siswa belajar tentang macam-macam jaringan komputer, memahami referensi OSI, membuat jaringan dengan macam-macam topologi, belajar TCP, setting IP Addrress, membangun jaringan lokal, dan membangun jaringan server.

Jurusan TKJ juga belajar tentang pemrograman website. Pemrograman website membahas tentang bagaimana website dibuat, membuat tabel, membuat link, belajar HTML, belajar CSS, belajar PHP dan belajar MySQL.

Lebih dalam lagi Jurusan TKJ membahas tentang sistem operasi jaringan, yang dimulai dari menyusun kebutuhan server, merakit server, melakukan instalasi sistem operasi jaringan untuk server, mengadministrasi jaringan server, melakukan backup dan restore server, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, troubleshooting server,dan membuat service-service jaringan seperti DNS server, DHCP server dll.

Itulah beberapa hal yang akan dipelajari dalam Jurusan TKJ.  Semoga memberikan pencerahan, bagi siswa yang berminat mendalami dunia Komputer dan Jaringan.
Peluang Jurusan Teknik Komputer Jaringan TKJ 2016 ini

Peluang Jurusan TKJ

Semua peluang dapat diciptakan oleh lulusan jurusan TKJ. Blogtkj.com telah sebutkan lebih dari 50 peluang yang dapat ditangkap oleh lulusan TKJ. Dunia sekarang mana ada yang tidak membutuhkan kompetensi seorang lulusan TKJ. Jika memang kompeten di jurusan TKJ, lulusan tidak akan kesusahan mencari peluang kerja, wirausaha maupun melanjutkan sekolah.

8 comments:

  1. bagus 2 semua artikel bpk.....saya akui dari saya artikel bpk
    mendapat 100%

    ReplyDelete
  2. mantab juga nih untuk mengetahui apa sebenarnya tkj, terimakaish infonya ya

    ReplyDelete
  3. lengkap juga nih gan masalah tkj nya, oh ya salam kenal, jangan lupa mampir ya di www.materitkj.com

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk referensi silahkan kunjungi http://wartawarga.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  5. manteep pak tanks info tkjnya 100 persen ok

    ReplyDelete
  6. Kunjungi https://zunifah2.blogspot.co.id/ untuk melihat materi materi tentang Teknik Komputer dan Jaringan

    ReplyDelete
  7. Kunjungi https://papangtech.blogspot.co.id Utk melihat informasi mengenai teknologi

    ReplyDelete