Tuesday, January 12, 2016

Sistem Operasi, Arseitektur Sistem Operasi Instalasi SO GUI dan Text

Sistem Operasi, Arseitektur Sistem Operasi Instalasi SO GUI dan Text
Matapelajaran Melakukan Instalasi SO berbasis GUI dan Text pada semester 2 ini membahas tentang Arseitektur Sistem Operasi. Adapun tujuan yang akan dicapai oleh siswa diantaranya :

1. Memahami peranan sistem operasi dalam struktur sistem komputer. 

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak
lapisan pertama yang diletakkan pada media penyimpan (hard disk) di
komputer

Computer hardware adalah semua bagian fisik  dari komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan  perangkat lunak yang menyediakan instruksi untuk perangkatkeras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan

Utilities merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Utilitas memfokuskan penggunaannya pada optimalisasi fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Fungsi tersebut antara lain backup data, pemulihan sistem atau data, kompresidata, penanganan virus dll. 

aplication programs adalah perangkat lunak aplikasi yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan tugas-tugas yang diinginkan pengguna. Pengguna dapat melakukan berbagai hal dengan komputer seperti mengetik, melakukan permainan, merancang gambar dll. Beberapa program aplikasi digabung bersama menjadi suatu paket yang disebut paket atau suite 
aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan
OpenOffice.org,  

2. Menjelaskan berbagai ragam model arsitektur sistem operasi. 

Arsitektur system operasi adalah merupakan arsitektur perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu perangkat lunak sistem operasi yang akan digunakan dalam sistem komputer.

Jenis/ragam model arsitektur sistem operasi
1) System Monolitik. 
2) System Berlapis.
3) System Client/server. 
4) System Virtual mesin dan 
5) System Berorientasi objek. 

0 comments

Post a Comment