Wednesday, January 27, 2016

Lulusan SMK kalah dengan Lulusan SMA dalam Penyerapan Kerja?ini solusinya

Lulusan SMK kalah dengan Lulusan SMA dalam Penyerapan Kerja?ini solusinya
Lulusan SMK kalah dengan Lulusan SMA dalam Penyerapan Kerja?ini solusinya - Sebenarnya artikel tentang lulusan SMK yang kalah bersaing dengan lulusan SMA dalam hal penyerapan kerja mulai mencuat sejak 2014/2015 lalu. Data tersebut diperoleh dari kantor Biro Pusat Statistik tentang angkatan kerja Indonesia dan penyerapannya di dunia kerja.

Calon lulusan SMK bisa kalah dari lulusan SMK merupakan tanda tanya besar dikepala kita. Bagaimana tidak, SMK dicetak untuk terampil dan mampu untuk bekerja, namun faktanya lulusan SMK kalah bersaing dengan jenjang pendidikan SMA.

Akhir-akhir ini minat ke SMK semakin tinggi, hal ini didorong oleh kebijakan pemerintah tahun lalu. Slogan SMK Bisa masih terdengar keras sampai saat ini.

Namun, banyaknya minat masuk SMK tidak sebanding dengan prospek lulusan. Data menunjukan bahwa SMK ternyata kalah bersaing dengan SMA yang notabene tanpa keahlian khusus.

Bagaimana solusinya ?

Solusi dari masalah ini cukup mengagetkan. Sebagai contoh Siswa TKJ. Lulusan SMK TKJ banyak yang merasa bahwa dirinya tidak perlu lagi belajar ilmu-ilmu tentang komputer selain yang dipelajari disekolah.
Lulusan SMK kalah dengan Lulusan SMA dalam Penyerapan Kerja?ini solusinya 2
Belajar selain disekolah itu banyak, seperti mengikuti kursus, seminar atau belajar dari Google. Banyak anak-anak SMK TKJ ini merasa bahwa mereka telah menguasai segala nya. Mereka berfikir bahwa belajar komputer telah khatam, padahal masih banyak sisi ruang yang belum diketahui.

Beda dengan lulusan SMA, anak lulusan SMA merasa bahwa dirimya memang harus belajar lagi. Anak SMA rajin mengikuti kursus, seminar dll. Jadi wawasan pengetahuan nya ter upgrade sempurna.
Jadi dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar Komputer di SMK TKJ itu hanya sebagian kecil dari ilmu pengetahuan tentang komputer. Masih banyak sisi ilmu komputer yang sebenarnya harus diketahui.

Gunakan kesempatan kalian untuk belajar. Belajar paling mudah dan enak dengan mengenal dunia internet. Selain dengan internet, program Praktek Kerja Lapangan di perusahaan besar merupakan peluang untuk meng upgrade diri.

Semoga artikel ini bermanfaat. Trims.

0 comments

Post a Comment