Wednesday, August 24, 2016

Ini dia cara membuat kabel straight yang baik dan Benar, mari Praktikan !

Ini dia cara membuat kabel straight yang baik dan Benar, mari prakikan !
Masih bingung tentang cara membuat kabel straight ? bagi pemula, mungkin membuat kabel jaringan dirasa sangat merepotkan. Apalagi untuk pelajar TKJ yang baru saja mengenal apa itu jaringan Komputer.

Pengertian Kabel Straight

Jaringan koputer disambungkan dengan menggunakan kabel. Adapun kabel yang sering digunakan adalah kabel straight dan kabel cross. Kabel jaringan yang sering digunakan dikategorikan sebagai tipe Cat 5, Cat 5e, Cat 6 UTP cable.
warna kabel straigh
Straight Cable atau dalam bahasa Indonesia Kabel Lurus merupakan tipe pengkabelan dimana ujung satu dengan ujung lainya sama. Artinya susunan dari Kabel UTP disemua ujungnya sama.Terdapat 2 tipe pengkabelan saat ini yang sering digunakan yakni T568A and T568B. Perbedaan dari 2 kabel tersebut terletak pada konektor 1 2 3 dan 6. Kabel UTP menggunakan connector rj45. Kabel UTP sekarang tersedia dalam berbagai macam warna

Bagian-bagian Kabel Stragith

4 pasang kabel stragiht
Dalam kabel UTP Terdapat 4 pasang kabel. Setiap pasang kabel terdiri dari 1 strip warna putih dengan satu strip Warna solid. Contohnya, kabel hijau berpasangan dengan kabel putih hijau. Contoh lain kabel coklat berpasangan dengan kabel putih coklat. 

Penggunaan Kabel Straigth

pc switch
Pola pengkabelan Straight dengan kode T568,biasanya digunakan untuk menghubungkan 2 device/alat jaringan yang berbeda. Kabel straight dapat digunakan untuk :
a. Menghubungkan PC ke Switch
b. Menghubungkan PC ke Modem
c. Menghubungkan PC ke Router

Alat dan Bahan untuk membuat Kabel Straight

Alat dan Bahan untuk membuat Kabel Straight
Cara membuat kabel straight sebenarnya sangat lah mudah. Adapun alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kabel stragiht adalah :
a. Tang Crimping
b. Konekotr RJ 45
c. Kabel UTP
d. Kabel Tester

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya.Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Langkah langkah atau Cara membuat kabel straight yang baik dan Benar

Persiapkan alat dan bahan, yang tidak kalah penting kabelnya gan. Ukur panjang kabel sesuai kebutuhan, jangan terlalu pendek ya, lebihkan beberapa jengkal untuk menghindari salah crimping.
langkah ke 2 pembuatan kabel straight
Potong jaket bagian luar dengan panjang kurang lebih 5 cm menggunakan alat pemotong kabel. Alat pemotong kabel yang berwarna kuning ini biasanya sudah bawaan pembelian tang crimping.
Cek kondisi kabel, ada yang terputus atau tergores. Awalnya kabel akan terlilit menjadi 4 bagian. Langkah selanjutnya adalah memisahkan lilitan, kemudian luruskan tiap kabel sehingga bisa kita susun kabel sesuai urutan yang benar.
Luruskan kemudian susun sesuai urutan kabel. Adapun urutan kabel straight yang benar sebagai berikut.

Ujung dengan ujung lainya adalah sama. Perhaikan susunan kabel diatas ya. Setelah merasa yakin dan benar, potong kabel sehingga lurus seperti gambar dibawah ini.

Gambar diatas ini susunannya salah ya. yang ingin saya tunjukan bahwa kabel telah dipotong sehingga tidak ada kabel yang panjang sebelah. Kemudian masukan kabel yang terpotong tadi ke RJ 45 selanjutnya di crimping.

Langkah terakhir adalah melakukan test menggunakan Cable Tester. Pastikan semua kabel dari angka 1 - 8 menyala.

Vidio Cara Membuat Kabel Straight yang baik dan Benar

Agar pembahasan tentang pembuatan kabel Straight ini, berikut saya tampilkan vidio yang lengkap dan jelas. Silahkan disimak.

Hasil Akhir  membuat kabel straight yang baik dan Benar


Nah, jika kita lihat diatas untuk  membuat kabel straight yang baik dan Benar adalah seperti gambar nomer 1. Jaket yang berwarna hijau harus masuk kedalam Jack RJ45 dan ikut di crimping.

Kemudian yang kurang benar walaupun kalau di cek menggunakan lan tester menyala semua adalah gambar nomer 2.

Troubleshooting Pemasangan Kabel Straight

Biasanya untuk pemula dalam membuat kabel tidak langsung akan sukses 100%. Nah, berikut ini troubleshooting yang bisa kita lakukan pada pemasangan kabel straight

  • Nyala kabel di Cable Tester Harus Berurutan, kalau tidak urut dari nomer 1 - 8 sebaiknya ganti konektor dengan memotongnya.
  • Ada 2-3 kabel yang tidak nyala, perhatikan cara meng crimping kabel dengan RJ45. Kemungkinan agan belum terlalu kuat dalam crimpingnya. Crimping Ulang dengan tang yang lain.

1 comments:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agne.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    ReplyDelete